Farewell Ni Wayan Rina

Sorry semua, karena satu dan laen hal, gue baru sempet ngeblog lagi sekarang...
Entah itu karena males (ups.. contoh yang buruk), WiFi yang sangat amat lelet (bener2 suckz), keasikan baca Twilight Saga n Harry Potter (ya ampun, hare gene baru baca gituan?? kemana aja loe??!!) beserta jutaan alasan laennya yang mengulur2 gue sampe akhirnya baru sempet ngepost sekarang...

Kali ini gue bakal cerita salah satu alasan kenapa gue lama gak ngeblog..

Sebuah nama..
Ni Wayan Rina...

Yeah, Ni Wayan Rina, seorang wanita yang begitu mendedikasikan hidupnya demi kebahagiaan keluarga..
Seorang wanita yang berhasil membesarkan anak2 yang sukses..
Seorang wanita yang memberikan gen Bali pada diri gue..
Seorang wanita yang akhirnya menghembuskan nafasnya yang terakhir pada tanggal 13 September 2009 pada pukul 3.30 dinihari pada usia 84 tahun...
Seorang wanita yang selalu gue panggil "Mo", yang artinya... nenek..

Beberapa hari sebelum kepergiannya, di kepala gue sempat terlintas sesuatu yang intinya mengatakan bahwa hidup Mo gak bakal lama lagi..
"..Mo meninggal pas aku disini.."
Terus beberapa hari kemudiannya, bokap gue nelpon..
"Bram Mo lagi dirawat di ICU"
Perasaan gue udah gak enak pas itu...
Kemudian akhirnya pas bangun pagi tanggal 13, gue liat sms dari Ko Christ..
"Bram Mo udah gak ada... Meninggal pukul 3.30"
Gue sempet bengong...
Setelah kesadaran gue kembali, gue sempet melanjutkan kegiatan pagi hari gue (mandi dsb), terus akhirnya bokap gue nelpon..
"Bram udah tau Mo udah gak ada?"
"Udah pa.."
"Kamu pulang ya, ikut Om An aja.."
"Ya pa.."
Akhirnya gue pun menghubungi Om An (om gue yang tinggal di Jakarta) dan akhirnya minta pesen tiket bareng2 pulang..

Gue pulang tanggal 17 sore, terpaksa gak ikut kuliah perdana beberapa subjek...
Sampe di airport, setelah nunggu lama, akhirnya gue ketemu keluarga Om gue..
Akhirnya cabut ke Bali..
Sampe di Bali, gue nunggu Pakde gue yang jemput..
Tapi udah sejam gitu gak muncul2, ditelpon juga gak bisa2..
Ya udah terpaksa naek taxi...
Ke rumah ortunya tante gue dulu pinjem mobil, baru akhirnya gue ke rumah nenek gue di daerah Lukluk, deket Kapal..
Sampe sana gue melihat peti, yang tentu aja berisi jenazah nenek gue..
Sempet diem juga..
Mencerna apa yang terjadi..
Terus gue makan dulu, n diem di Lukluk sampe jam 11..

Malemnya gue pulang..
Sampe rumah, gue shock ngeliat kamar gue yang udah dimonopoli ma Ce Maria..
Gue gak terima lah, itu kamar gue, gue yang tidur di sana pokoknya..
Akhirnya cece nyerah, n gue bisa tidur di King Size bed gue.. :)

Tiap hari gue ke Lukluk, sampe hari pemakamannya tanggal 20 September 2009..
Banyak banget karangan bunga yang dikirim..
Ada lebih dari 100..
Dari SMA Negeri 3 Denpasar, TK, SD, SMP Cipta Dharma, Dojo, Prudential, GKY Jakarta, sampe dari dr. Torao Tokuda di Jepang, guru besar almarhum Om gue..
Gue kagum, Mo berhasil membesarkan anak2nya sampe bener2 berhasil, sampe begitu dia pergi, banyak banget yang inget dan peduli, bahkan beberapa karangan bunga dikirim untuk ibunda almarhum Om gue, kaya kirimannya dr. Tokuda...



Tapi Ce Maria malah aneh2 pas lagi acara pre-pemakaman Mo...




Akhirnya tibalah hari pemakamannya...
Dari pagi udah siap2 dari Lukluk, terus naek bis ke Mumbul..
Disana sebelum dimakamkan, semua pada nyanyi lagu Kasih Ibu, diiringi alat musik China yang bener2 bikin suasana sendu...
Akhirnya setelah tabur bunga dan lain sebagainya, jenazah Mo dimakamkan di samping Ngkong (baca:kakek) gue, Darma Laksana aka The Kim Siang..

Tapi gue sadar ada keunikan, Ngkong meninggal tahun 1984, sementara Mo meninggal pada usia 84..
Waw..

Setelah pemakaman, Selasa subuh ada acara 3 harian...
Pas pulangnya, ada aja orang mabuk yang nabrak mobil gue..
Pas mau keluar, udah keburu ijo, ya udah bokap jalan aja..
Sudahlah, dia tidak tau apa yang diperbuat..
Menempelkan mobil pada tempat ban cadangan CR-V..

Setelah itu gue melewati hari2 gue ketemu temen2 SMA di sekolah..
Oiya, pas itu bertepatan sama libur Lebaran, jadi temen2 laen pada pulang juga...
Kalo gak karena ini, gue gak bakal pulang, secara tiketnya pas gue pulang about 500k, pas balik about 1jt..
Gila gak tu..

Akhirnya hari Minggu siang gue balik lagi ke Jakarta..
N ngelanjutin hari2 kuliah gue...

Sorry buat temen2, gue gak bilang2 kalo gue pulang...
Coz tujuan utama gue pulang adalah pemakaman nenek gue&...

Well..
That's all for now..
Thx 4 reading..

3 comments:

  kitty_san

Friday, October 23, 2009 8:21:00 PM

turut berduka cita ya bram atas meninggalnya nenek mu.....

tetep ikutin blog q ya walu jarang nulisnya hehehe..!!!

  pushandaka

Monday, October 26, 2009 1:25:00 PM

Ikut berduka cita ya. Semoga semua amal baiknya diterima Tuhan.

  Abraham

Saturday, October 31, 2009 6:12:00 PM

Thx all..

Post a Comment

Tinggalin comment yah..
Kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan...
Atau sekedar basa-basi dan numpang lewat juga boleh...
Bisa make emoticon juga...
Caranya tinggal isi aja logo smileynya...
Ntar otomatis berubah jadi emoticon kok...
Contoh ketik :f jadinya gambar orang keringetan..
Thx all...